Skip to main content

Mengapa 0 Nol Faktorial Adalah 1 Satu? Ini Penjelasannya

Kenapa nol faktorial adalah 1?
Kenapa 0!=1?

5!= 1×2×3×4×5=120
4!=4×3×2×1=24
3!=3×2×1=6
2!=2×1=2
1!=1
0!=????

Guruku bilang 0 faktorial = 1
Aku bertanya. Kenapa bisa begitu?
Guruku menjawab : ya maunya berapa? Its zero because it is.

But I want to know, how does it make sense?

Aku memutuskan mencari tahu atau setidaknya menduga duga
Setelah aku memikirkan...
Hmmm...
Faktorial kan sebenernya banyak cara kita menyusun sesuatu...
Aku mengeluarkan 2 koin : emas dan perak.
Berapa banyak cara aku menyusun keduanya yah?
Oh tentu dua.. {perak, emas} dan {emas, perak}

Sekarang 1!
Aku menyisakan 1 koin saja. Berapa banyak cara aku menyusun satu koin emas? Tentu saja 1 {Emas}.

Sekarang aku mengambil koinku sambil menggerutu

Tidak ada objek sama sekali!
Tidak ada yang harus ku susun
Tapi bagaimana aku bisa menyusun sesuatu yang tidak ada sesuatunya?

Hmmm.. its philosophycal...
It must be { }...
There s one way!! Mustinya ada satu cara!!!
It is !!!! Yayayayaya.
Jadi menyusun 0 objek itu ada 1 cara, yass ini.... *sambil membuka tangan di meja*

Aku mulai tertawa😂 math..its damn crazy

Tapi kemudian aku mulai berpikir lebih dalam...

Oh kenapa aku berhenti di 0 faktorial?
Banyak sekali angka angka...

Aku membayangkan sebuah garis bilangan...

Oh hei...Bagaimana dengan bilangan minus? -1 faktorial? Berapa banyak cara menyusun objek minus?
Hah?? Its interesting

Oh yaaa.... lalu Bagaimana lagi dengan angka pecahan.. jika ku perhatikan di antara 0 dan 1 ada setengah atau sepertiga... bagaimana jika mereka di faktorial kan?? Oh hei do I broke the math if I do?

Oh hell.. aku jg sudah mengenal tak hingga yang simbolnya macem cacing itu
Jadi apakah ada tak hingga yang di fatorial kan?
Berapa banyak cara menyusun sesuatu yang tak hingga?

Aku membayangkan diriku menjadi wakil tuhan.
Aku akan sangat senang menempati posisi sebagai pengatur planet planet dan bintang di alam raya
Aku akan meminta buku coklat yang besaaaarrrr dan mesin untuk menghitung faktorial secara cepat...
Aku bisa bermain sesukaku!!! Menyusun bintang dan planet dengan posisi yang berbeda setiap hari... agar manusia dan alien tidak bosan di bumi... semesta tersusun kembali tiap harinya dengan keindahan matematika!!!! Wahahahaha ini ide gila....!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar