Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Brankas Sebagai Media Penyimpanan

Bagi sebagian orang, brankas tampak seperti peninggalan masa lalu. Saat ini, sangat mudah untuk menyimpan catatan keuangan dan dokumen-dokumen penting lainnya dalam bentuk digital sehingga gagasan untuk menyimpan kertas-kertas penting dalam brankas bank yang terkunci kedengarannya konyol abad ke-20. Dan memang, ada bukti bahwa brankas aman sedang menurun. 

The New York Times melaporkan bahwa banyak bank tidak lagi menawarkan sobat, dan banyak yang mengatakan bahwa setengah atau lebih dari brankas sobat saat ini sedang kosong.

Tetapi brankas masih punya tujuan. Bahkan di era digital sekarang ini, ada beberapa kesempatan ketika Kamu membutuhkan salinan asli dari dokumen kertas, seperti akta kelahiran atau akta kelahiran Kamu. 

Dan masih belum ada cara untuk membuat salinan digital dari benda-benda fisik yang berharga bagi Kamu, seperti perhiasan atau barang koleksi. Untuk surat-surat berharga dan barang-barang berharga ini, brankas masih merupakan media yang paling aman.

Namun, itu tidak berarti Kamu harus menggunakan brankas untuk menyimpan semua yang Kamu hargai. Ketika barang-barang Kamu dikunci dalam sebuah brankas di bank, 

Kamu hanya bisa mengaksesnya saat bank terbuka - yang merupakan masalah besar untuk surat-surat yang mungkin perlu Kamu akses dalam keadaan darurat. Dan ada beberapa barang berharga fisik yang, karena satu dan lain alasan, paling baik disimpan di media lain.

Jadi jika Kamu punya brankas, berikut merupakan daftar apa yang terbaik untuk disimpan dan bukan untuk disimpan di dalamnya. Dan jika tidak, berikut merupakan beberapa item yang mungkin membuat Kamu mempertimbangkan untuk menbisakannya.


Bagaimana Brankas Aman Bekerja

Kelebihan dan Kekurangan Brankas

Bagi sobat yang belum pernah melihatnya secara langsung, brankas merupakan brankas logam panjang dan sempit yang disimpan di ruang terkunci di bank. 

Brankas tipikal punya dua lubang kunci, jadi satu-satunya cara untuk membuka kunci merupakan memasukkan kedua kunci sekaligus. Kamu menyimpan satu kunci, dan bank punya yang lain. Jika orang lain, seperti pasangan, membagikan brankas itu kepada Kamu, Kamu masing-masing menbisa satu salinan kunci penyewa.

Punya dua kunci menambah lapisan keamanan tambahan. Jika seseorang mencuri kunci brankas Kamu, sobat tidak akan bisa masuk ke dalam brankas tanpa bantuan karyawan bank. 

Tetapi bank tidak akan membuka brankas, atau ruang terkunci di mana disimpan, untuk sembarang orang. Sebagian besar bank memerlukan beberapa bukti identitas sebelum sobat akan membuka brankas, seperti tkamu tangan yang bisa sobat bandingkan dengan tkamu tangan Kamu di file.

Brankas merupakan tambahan yang tidak termasuk dalam rekening bank biasa. Menurut The New York Times, bank mengenakan biaya mulai dari $ 20 hingga $ 200 per tahun untuk satu brankas, tergantung pada ukuran dan lokasi bank. Namun, beberapa rekening bank memberi Kamu diskon untuk biaya ini. (Biaya ini juga digunakan untuk mengurangi pajak, tetapi rancangan undang-undang reformasi pajak 2017 menghapuskan pengurangan ini.)

Keuntungan dari Brankas


Brankas bukan satu-satunya media menyimpan barang berharga atau kertas penting Kamu. Misalnya, Kamu bisa menyimpan barang-barang ini dengan aman di brankas kecil tahan api di rumah. Namun, para ahli mengatakan bahwa brankas menawarkan keamanan yang lebih baik.

Untuk satu hal, sebagian besar brankas di rumah bersifat portabel. Dimungkinkan untuk punya brankas yang terpasang di dinding rumah Kamu, tetapi harganya cukup mahal. Itu berarti seorang pencuri bisa saja kabur dengan seluruh brankas Kamu dan mengebornya nanti untuk mengekstrak isinya. Dan jika Kamu berada di rumah ketika penjahat masuk, sobat bisa memaksa Kamu untuk membuka brankas untuk sobat.

Brankas juga menawarkan perlindungan yang lebih baik terhadap bencana alam. Brankas bank biasanya cukup kuat untuk menahan api dan angin kencang yang bisa menghancurkan rumah biasa.

Satu bencana alam yang tidak selalu bisa sobat lindungi merupakan banjir. Para ahli merekomendasikan untuk menyegel kertas berharga, foto, dan barang-barang rentan lainnya di dalam wadah plastik kedap air atau kantong plastik zip-top sebelum memasukkannya ke dalam brankas Kamu. Ini memberikan perlindungan ekstra dari kerusakan air jika terjadi banjir.


Kerugian dari Brankas


Meskipun brankas merupakan media paling aman untuk menyimpan barang-barang berharga Kamu, itu bukan yang paling mudah diakses. Kamu hanya bisa masuk ke dalam brankas Kamu selama jam-jam ketika bank buka, dan Kamu mungkin harus menunggu beberapa saat di bank agar karyawan bisa membantu Kamu mengakses brankas itu. 

Dan karena banyak cabang bank sama sekali tidak punya brankas, Kamu mungkin harus menyimpannya di cabang yang bukan lokal, yang berarti mengemudi ekstra ke dan dari bank.

Masalah lain merupakan menempatkan barang-barang berharga di brankas tidak benar-benar menjamin keselamatan sobat. Meskipun jarang, bank sesekali membuka brankas nasabah tanpa sengaja dan kehilangan sebagian isinya. Menurut The New York Times, setiap tahun, beberapa ratus orang melaporkan bahwa barang-barang berharga hilang dari brankas sobat.

Lebih buruk lagi, dalam kasus-kasus seperti ini, bank sebenarnya tidak diharuskan untuk memberikan kompensasi kepada Kamu untuk yang hilang itu

Link terkait :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar