Skip to main content

Pertama Kali Gajian Google Adsense Dari Hasil Nge-Blog

Mungkin sebagian dari teman banyak yang penasaran, bagaimana rasanya pertama kali berhasil Payout ( mendapatkan uang ) dari hasil pasang iklan google adsense pada blog langsung ?

Kalau dari pendapat saya sendiri, yang niscaya membawa kesan faktual dong. Karena pembayaran dari google ialah sesuatu yang keren, membanggakan, menyenangkan atau suatu hadiah dari hasil jerih payah kita selama menciptakan konten.

Pengalaman Pertama Kali Gajian AdSense


Saya akan bercerita bagaimana rasanya selama proses gajian google adsense, bekerjsama bukan pertama kali, melainkan sudah kedua kali, tapi alasannya ialah yang pertama ialah hasil dari YouTube, maka ini ialah hasil dari Blog.

Bukan bermaksud sombong atau pamer, saya disini ingin menawarkan pengalaman yang mungkin nanti teman akan mencicipi hal sama (amin, saya doakan hehehe), Apalagi saya tidak cocok untuk dikatakan mastah, alasannya ialah pendapatan adsense masih kecil, dibandingkan mastah blogger lainnya.

Balik ke pembahasan, Dalam sistem janji antara Google dengan Publisher (kita sebagai pemilik blog yang memasang iklan), bahwa bila saldo melebihi batas ambang pembayaran akan sanggup dicairkan dan ditransfer ke rekening publisher. Batas ambang pembayaran minimal sebesar 1.300.000 rupiah kalau untuk negara Indonesia.

Di Pendapatan saldo adsense saya sudah melebihi 1.300.000 rupiah, maka sudah dipastikan akan ditransfer oleh Google.

1. Persyaratan sebelum dibolehkan Gajian AdSense


Namun sebelum proses pencairan google adsense, ada 2 persyaratan yang harus dilakukan sebelumnya. Syarat Pertama ialah melaksanakan request pin untuk verifikasi alamat, teman sanggup membaca artikel Cara Request PIN Google AdSense dan Pembahasannya.

Dan Syarat kedua ialah menambah nomor rekening bank yang dimiliki ke akun adsense, biar nantinya google sanggup melaksanakan transfer saldo hingga hingga ke publisher. Saya juga sudah menyediakan artikelnya bagaimana Cara menambah dan verifikasi rekening Bank di Google Adsense

Apabila kedua persyaratan diatas sudah dilakukan, kita hanya tinggal menunggu waktu Gajian adsense.

2. Tanggal resmi Gajian AdSense


Sama menyerupai dalam dunia kerja offline yang kita ketahui, Adsense ada tanggal gajiannya yang sudah ditetapkan. Yaitu antara tanggal 21 hingga 26 ditiap bulannya. Kebetulan dikala itu saya gajiannya dihari weekend / selesai pekan (istilah hari libur sebagian negara, yaitu hari sabtu & minggu).

Apabila tanggal gajiannya disaat selesai pekan atau hari libur, maka statusnya masih "Tertunda". Kalau diartikan sudah ditransfer namun belum masuk ke rekening. Sobat gres akan menerimanya di hari selanjutnya yang bukan selesai pekan atau hari libur.

Bisa teman lihat dicontoh gambar dibawah ini, Saya sudah mendapatkan pemberitahuan gajian melalui email di tanggal 21, tapi dikarenakan dikala itu ialah hari minggu, maka statusnya masih "Tertunda".



Dihari selanjutnya pada tanggal 22 ialah hari senin dan untungnya bukan hari libur, maka saldo masuk dihari tersebut, Google melaksanakan pembayaran masal kepada Publisher yang menjalin kerjasama menyerupai misalnya saya. Untuk pengguna rekening BCA biasanya di siang hari sudah sanggup dicek.


Untuk pengguna rekening bank selain BCA, sanggup dicek di jam tertentu, alasannya ialah sering saya temukan di grup-grup, ada yang dipagi hari saldo sudah masuk ke rekening, bahkan ada yang sore atau malam.

3. Apakah dikenai potongan ?


Apakah nantinya dikenai potongan menyerupai halnya biaya admin ataupun pajak oleh bank tiap rekening yang dimiliki oleh publisher. Dari pengalaman saya yang memakai rekening BCA tidak ada potongan sepersen pun sob. Diperkuat lagi dari beberapa akreditasi publisher lain yang memakai rekening bank yang beda mempunyai tanggapan yang sama.


Menurut pengamatan saya, untuk biaya potongan menyerupai pajak sudah ditanggung oleh Google sendiri. Bisa kita lihat dari formulir Tanda Terima Pembayaran (Payment Receipt), bahwa terdapat bab kolom yang menyantumkan Nomor identifikasi pajak.


Tapi ada sebagian yang mengaku bahwa dikenai potongan oleh bank, namun yang membedakan ialah mata uang akun adsensenya memakai dollar ($) yang dibentuk dibawah tahun 2015. Sedangkan saya ialah tahun 2016 memakai mata uang Indonesia Rupiah (IDR).

Dapat disimpulkan bahwa akun adsense yang dibentuk sebelum tahun 2015 tepatnya masih memakai mata uang dollar ($) sudah niscaya akan dikenai potongan oleh bank yang mereka gunakan.

Kesimpulan


Kaprikornus itulah pengalaman dari saya mengenai gajian google adsense dari hasil ngeblog, prosesnya dilakukan pada tanggal 21 hingga 26 ditiap bulannya. Tapi Pembayaran gres akan diproses Google apabila sebelumnya sudah melalukan 2 persyaratan yang diwajibkan untuk publisher, diantaranya request pin dan menambah rekening bank.

Pencairan ini tidak dikenai potongan baik dari Google ataupun pihak Bank yang dipakai publisher sebagai rekeningnya, asalkan mata uang akun adsensenya memakai Indonesia Rupiah (IDR) bukan Dollar ($) keluaran tahun sebelum 2015.

Referensi :
https://support.google.com/adsense/answer/7164703?hl=id
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar